Jumat, 31 Agustus 2012

Tuntut Palmaris Hengkang Dari Madina, Ratusan Warga Batahan Datangi Gedung Dewan

Sedikitnya 130 warga Batahan 3 Kecamatan Batahan Kabupaten mandailing Natal yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) (9/4) mendatangi gedung DPRD Mandailing Natal (Madina). Kedatangan warga ini mengadukan nasib mereka atas perampasan hak tanah warga oleh PT.Palmaris Raya yang sudah berlangsung selama 14 tahun.

Warga ini sampai di Gedung dewan sekitar puluk 09.00 Wib dengan mengendarai truk dan membawa spanduk yang bertuliskan PT.Palmaris virus bagi masyarakat, usir PT.Palmaris dari daerah kami, jangan jadikan konflik mesuji terjadi di Madina, tegakkan hukum, jangan ciptakan Palmaris penjahat pemerintah.

Dalam orasi Kordinator Aksi Mahfud yang juga merupakan ketua SPI (Serikat Petani Indonesia) Basis Batahan III mengatakan, kedatangan mereka untuk mengadukan nasib masyarakat Kecamatan Batahan tentang keberadaan PT Palmaris raya. Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan ini dikatakannya selama belasan tahun telah menyesengsarakan masyarakat. Perusahaan ini sebelumnya bernama PT.Supra Primoris Corporation yang nota bone pemilik izin pemanfaatan kayu seluas 900 Ha di Mandailing Natal. Akan tetapi fakta dilapangan bertentangan dengan yang seharusnya, lahan masyarakat transimigrasi yang bersertifikat dan mempunyai kekuatan hukum tetap kini telah ditanami sawit oleh PT Palmaris Raya. 

Dalam tuntutannya itu massa juga mencantumkan 13 poin butir arogansi Palmaris yang mengkangkangi hukum di Instansi Pemkab Madina. dimana isinya berupa permasalahan yang terjadi antara Palmaris dengan lahan masayarakat UPT Batahan III untuk segera diselesaikan. “ Dalam tuntutan kami ini turut kami sertakan apa-apa yang telah dilanggar oleh perusahan kata Mahfud.

Setelah satu jam masyarakat melakukan orasi beberapa perwakilan diterima anggota Dewan untuk melakukan musyawarah antara DPRD dan Pemkab Madina di ruang Banmus. (mar/holik)

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Untuk pengiriman berita berupa reportase, opini, usul, atau apapun terkait Batahan, bisa diemailkan ke: feribatahan@yahoo.com atau batahan123@gmail.com

Total Tayangan Halaman

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes